Surakarta, 27 september 2020, Program studi Tadris bahasa Indonesia IAIN Surakarta bekerja sama dengan FLP Solo mengadakan acara workshop “Penulisan Artikel Populer Bagi Masyarakat Surakarta” di Islamic Center Pabelan dengan narasumber utama dari Dosen Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta yaitu Dr. Siti Isnaniah, M.Pd, Dian Uswatun Hasanah, M.Pd. dan Endang Rahmawati, M.Pd. Jumlah peserta kegiatan ini hanya di batasi sebanyak 25 orang dikarenakan keadaan sekarang ini masih dalam kondisi pandemi. Sehingga whorkshop ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, antara lain adalah mewajibkan peserta mengunakan masker, mencuci tangan, melakukan physical distancing dan pembatasan jumlah peserta. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kajur Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. dan ketua umum FLP Solo, Zein Maulana Almahfud. Dalam sambutan pertama, Beliau mengatakan bahwa pentingnya literasi untuk masyarakat agar mereka mampu mengetahui bagaimana dan apa yang sedang terjadi sekitarnya dengan lebih baik. Kemudian ketua FLP Solo pada sambutan kedua mengatakan bahwa artikel popular merupakan alat masyarakat untuk berlatih menjadi orang yang sensitif terhadap isu-isu yang sedang ada di sekitarnya. Kedua sambutan tersebut menekankan pada pentingnya literasi pada masyarakat.

Setelah sambutan selesai, kemudian masuk ke acara whorkshop dengan pemateri pertama adalah Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. Beliau pada kesempatan itu mengangkat materi tentang “Ketrampilan bahasa yang paling produktif” dengan sub bab ada Komposisi tulisan, Tulisan yang baik, Jenis tulisan, dan Proses standar menulis. Selain itu, beliau juga memberikan masukan-masukan lain untuk para peserta whorkshop untuk menjadi seorang penulis yang mengetahui etika-etika kepenulisan. Salah satunya adalah tidak melakukan tindakan plagiarisme. Sebab jika hal itu sampai terjadi, hal itu hanya akan merugikan penulis itu sendiri, dengan antara lain penulis tidak akan mendapatkan kepercayaan lagi dari pembaca, penerbit dan lain sebagainya.

Masuk pada materi yang kedua, materi yang di sampaikan adalah tentang “Menulis Artikel Populer”, dibawakan oleh Endang Rahwamati, M.Pd.. Materi ini merupakan lanjutan materi sebelumnya, namun lebih mengerucutkan pada teknis-teknis kepenulisan diantaranya ada bagaimana menentukan topik, menentukan paragraph pembuka, menentukan judul dan lain sebagainya. Materi ini diberikan agar masyarakat mengetahui langkah-langkah awal apa saja yang harus dilakuakan untuk memulai menulis artikel. Kemudian masuk ke sesi terakhir yaitu  bedah artikel dari peserta yang dipipimpin oleh Dian Uswatun Hasanah, M.Pd. Bedah artikel ini memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap kesalahan-kesalahan dari pembuatan artikel popular. Ada dua artikel popular yang dibedah untuk sesi ini. Masing-masing memiliki koreksi dari pembedah di mulai dari Judul, Pendahuluan, Masalah, Pembahasan dan Penutup.

Selama workshop berlasung sekitar dua jam, peserta memiliki antusias yang bagus dengan menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh pemateri. Sebelum acara ditutup, para pemateri memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengkonsultasikan artikel populernya di luar acara workhshop. Hal ini diberikan agar peserta benar-benar mampun menghasilkan artikel popular yang baik dan bisa dipublikasikan di media masa.