Sukoharjo-Selasa (10/11) Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta mempersembahkan rangkaian acara kedua dari Festival Bahasa dan Sastra 2020, yakni seminar dengan tema “Perkembangan Bahasa dan Sastra di Era Adaptasi Baru. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar, mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia (TBI) semester 1, 3, 5, dan 7 sangat antusias mengikuti seminar festival bahasa dan sastra, hal tersebut dapat dilihat dari 210 mahasiswa yang mengikuti kegiatan seminar secara daring dan luring. Kegiatan ini dimeriahkan oleh band HMPS dengan membawakan 2 lagu.

Seminar ini diisi oleh Awla Akbar Ilma, S.S, M.A selaku Dosen Tadris Bahasa Indonesia  yang menyampaikan materi mengenai “Penggunaan Bahasa dan Sastra di Era Adaptasi Baru”. Beliau menyampaikan mengenai karya sastra dan situasi pandemi. “Karya sastra adalah representasi atas kenyataan. Pandemi ini membuat eksistensi dari karya sastra (novel,  cerpen, dan puisi) semakin meningkat. Keresahan-keresahan masyarakat atas adanya pandemi membuat masyarakat tertarik menulis sastra”. Ungkapnya dalam menjelaskan materi yang disampaikan.

“Bahasa itu seperti mahluk hidup, selalu mengalami perkembangan dan karya sastra adalah sebuah treatment diri untuk melawan kegelisahan”, lanjutnya. Kegiatan seminar diakhiri dengan tanya jawab dengan peserta dan sesi foto bersama. (Anis Setiyawati)