Sukoharjo-Senin (09/11) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta mengadakan sarasehan bertemakan “ Harmoni TBI, Bersinergi Untuk Negeri”.  Acara ini dihadiri oleh 241  mahasiswa secara luring dan daring. Menurut Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag menyampaikan pandangannya terhadap prodi Tadris Bahasa Indonesia. Menurutnya, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia saat ini berkembang pesat. Bahkan,  jurnal-jurnal  internasional  sengaja diterjemahkan dengan bahasa Indonesia untuk menunjukan eksistensi bahasa Indonesia dikalangan internasional .

Senada dengan Dekan Fakultas Adab dan Bahasa, kaprodi Tadris Bahasa Indonesia Dr. Siti Isnaniah, S.Pd., M.Pd  juga  sangat mengapresiasi acara Festival Bahasa dan Sastra. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasanya bahasa Indonesia di era sekarang amat dibutuhkan untuk mengasilkan pengajar yang profesional dan berkarakter, baik tinggat nasional maupun internasional. Bahkan tahun ini  dosen TBI IAIN Surakarta akan dikirimkan ke luar negeri sebagai pengajar. Namun dengan adanya pandemi ini, hal tersebut tertunda.

Kegiatan ini diisi oleh Sri Lestari M,Pd yang memaparkan profil Prodi Tadris Bahasa Indonesia,  sekaligus menyampaikan kiat-kiat mengapresiasi puisi. “Mengakrabi karya sastra dapat diartikan sebagai kegiatan untuk untuk mengenal, memahami, menikmati, serta mengaplikasikan karya sastra ke dalam kehidupan sehari-hari”. Tandasnya.

Pada sesi terakhir,  acara dilanjutkan dengan memperkenalkan  HMPS, agar mahasiswa baru dapat mengenal program studi sekaligus mengenal organisasi mahasiswa yang berada dalam naungan prodi. (Fajri Syafiah)